Open Signal dan Wifi Anlyzer

Terkadang kita bingung ketika menggunakan sebuah wifi, ketika kita menggunakan Wi-fi ditempat yang sama dalam waktu yang berbeda kualitas sinyal dari wi-fi yang kita dapatkan berbeda. memang banyak faktor yang menjadi penyebab hal itu terjadi, diantaranya faktor cuaca, rambatan sinyal dan lain-lain. Nah untuk mengetahui bagaimana kualitas Wi-fi yang kita gunakan baik itu RSSI, canal, Frekwensi, upload,download, latency kita bisa menggunakan aplikasi gratis yang sudah tersedia di google playstore, aplikasi ini bisa berjalan di atas sistem operasi android gratis, nama aplikasinya adalah yaitu Open Signal dan Wi-fi Analyzer.
1.   Open Signal
OpenSignal adalah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel. Perusahaan ini mengumpulkan data mengenai kualitas sinyal operator seluler dari pengguna yang memiliki aplikasi bergerak yang diinstal. Konsumen dapat melihat data crowdsourcing, baik secara online maupun melalui aplikasi dalam bentuk peta kode berwarna dengan beragam data
2.      Wifi Anlyzer
Wifi Analyzer berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kekuatan sinyal Wifi yang didapat pada lokasi dimana kita sedang berada. Dengan aplikasi ini kita akan di berikan tampilan/view terkait berapa RSSI hotspot yang kita pakai, kemudian di canal berapa hotspot kita. Ketika kita mencoba melakukan pengujian suatu hotspot, maka aka nada lima tampilan yang koita dapatkan AP list, Signal meter, Channel Graph, Time Graph, dan Channel Rating.
3.      Ketika kita menggunakan aplikasi yang dua ini, maka akan muncul beberapa indikator. Indikator yang akan tampil tersebut adalah :
·         RSSI
·         Channel
·         Frekwensi
·         Upload dan download
·         Latency
·         CID
·         LAC

·         MCC


Berikut Penampakan/Interface dari wifi Anlyzer :


Berikut Penampakan/Interface dari Open Signal
Nah, Untuk tabel pengamatan sinyalnya, biasany dibuat seperti gambar dibawah ini :


Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship