PENGERTIAN SUBLIME TEXT

Sublime Text adalah aplikasi editor untuk kode dan teks  yang dapat berjalan diberbagai platform operating system dengan menggunakan teknologi Phyton API. Terciptanya  aplikasi  ini  terinspirasi  dari  aplikasi  Vim,  Aplikasi  ini  sangatlah fleksibel  dan  powerfull.  Fungsionalitas  dari  aplikasi  ini  dapat  dikembangkan dengan  menggunakan  sublime-packages.  Sublime  Text  bukanlah  aplikasi  opensource  dan juga aplikasi yang dapat digunakan dan didapatkan secara gratis,  akan tetapi  beberapa  fitur  pengembangan  fungsionalitas  (packages)  dari  aplikasi  ini merupakan hasil dari temuan dan  mendapat dukungan  penuh dari  komunitas serta memiliki linsensi aplikasi gratis.
Sublime  Text  mendukung  berbagai  bahasa  pemrograman  dan  mampu menyajikan fitur  syntax  highlight  hampir di semua bahasa pemrogramman yang didukung  ataupun  dikembangkan  oleh  komunitas  seperti;  C,  C++,  C#,  CSS,  D, Dylan,  Erlang,  HTML,  Groovy,  Haskell,  Java,  JavaScript,  LaTeX,  Lisp,  Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R,  Ruby, SQL, TCL, Textile and  XML.  Biasanya  bagi  bahasa  pemrograman  yang  didukung  ataupun  belum terdukung  secara  default  dapat  lebih  dimaksimalkan  atau  didukung dengan menggunakan add-ons yang bisa didownload sesuai kebutuhan user.

Gambar . Sublime Text

Berikut beberapa fitur yang diunggulkan dari aplikasi Sublime Text:
a.       Goto Anything
Fitur yang sangat membantu dalam membuka file ataupun menjelajahi isi dari file hanya dengan beberapa keystrokes.
b.      Multiple Selections
Fitur ini memungkinkan user untuk mengubah secara interaktif banyak baris  sekaligus,  mengubah  nama  variabel  dengan  mudah,  dan memanipulasi file lebih cepat dari sebelumnya.
c.       Command Pallete
Dengan hanya beberapa keystorkes, user dapat dengan cepat mencari fungsi yang diinginkan, tanpa harus menavigasi melalu menu.
d.      Distraction Free Mode
Bila  user  memerlukan  fokus  penuh  pada  aplikasi  ini,  fitur  ini  dapat membantu user dengan memberikan tampilan layar penuh.
e.       Split Editing
Dapatkan  hasil  yang  maksimal  dari  monitor  layar  lebar  dengan dukungan  editing  perpecahan.  Mengedit  sisi  file  dengan  sisi,  atau mengedit dua lokasi di satu file. Anda dapat mengedit dengan banyak baris dan kolom yang user inginkan.
f.       Instant Project Switch
Menangkap semua file yang dimasukkan kedalam project pada aplikasi ini. Terintegrasi dengan fitur Goto Anything untuk menjelajahi semua file yang ada ataupun untuk beralih ke file dalam project  lainnya dengan cepat.
g.      Plugin API
Dilengkapi  dengan  plugin  API  berbasis  Phyton  sehingga  membuat aplikasi ini sangat tangguh.
h.      Customize Anything
Aplikasi  ini  memberikan  user  fleksibilitas  dalam  hal  pengaturan fungsional dalam aplkasi ini.
i.        Cross Platform

Aplikasi ini dapat berjalan hampir disemua  operating system  modern seperti Windows, OS X, dan Linux based operating system.


JIKA INFORMASI INI BERMANFAAT, MOHON KLIK IKLANNYA YA, HEHE :). Sumber : Buku pemrograman
Share:

2 comments:

  1. sumbernya dari mana mas kalau boleh tau? buat referensi skripsi...

    ReplyDelete
  2. permisi kak mau nanya sumbernya dari mana ya kak ?soalnya buat referensi TA saya

    ReplyDelete

Recent Posts

Sponsorship