SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG BERIMAN ITU BERSAUDARA

Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan Islam adalah sarana efektif dalam dakwah fardhiyah, selain itu ia juga memberikan sekaligus manfaat duniawi, ukhrawi, dan diniyah.
Persatuan dan persaudaraan yang paling kekal adalah jika didasari kesamaan dan kesatuan aqidah. Jadi asas pemersatu yang paling kuat dan langsung adalah kesatuan aqidah.
Dalam QS 3 : 103 nampak jelas bahwa Allah yang mempersatukan hati-hati manusia dan menjadikan mereka bersaudara. Jadi ukhuwah Islamiyah, ta’liful qulub (persatuan hati) adalah kerja Allah dan bukan manusia.

Peristiwa seperti apa yang yang dijelaskan di dalam QS : 49 Ayat 10 itu benar-benar real adanya. Dikutip dari sebuah laman instagram atas nama @indonesiabertauhidoficial. Dalam caption postingannya, akun tersebut bercerita tentang kisah seorang pemuda muslim turki yang berkunjung ke Nigeria.
Di sebuah video pendek (2 menitan) terlihat seorang muslim Turki berkulit putih sedang berjalan dan mampir di Nigeria. Orang-orang Nigeria berkulit hitam belum pernah berjumpa dengan saudaranya sesama muslim berkulit putih.
Di dalam video, seorang Turki itu berhenti dan turun dari motor yang ia kendarai. Motor ia parkir dan menghampiri sekumpulan muslim Nigeria yang duduk di sebuah tempat. Sekumpulan muslim Nigeria itu awalnya menyangka bahwa orang berkulit putih itu adalah orang kafir. Perlu diketahui, di negeri itu banyak misionaris orang-orang berkulit putih. Sehingga mereka membacakan ayat Al-Quran yang berkaitan dengan golongan Yahudi dan Nasrani.
Salah satu ayat yang dibacakan adalah surat Al-Maidah ayat 51: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim"
Muslim Turki itu tetap setia mendengarkan bacaan surat Al-Maidah ayat 51 hingga selesai. Di akhir pembacaan ayat, lelaki Turki itu menyambung صدق الله العظيم,  sontak sekumpulan muslim Nigeria itu berdiri menyambutnya dan tersenyum lebar. Mereka tidak menyangka ada seorang muslim yang berkulit putih.


BACA JUGA : SUBHANALLAH QARI MENINGGAL  KETIKA MEMBACA AL-QUR'AN


Mereka saling berpelukan dan tidak kuat menahan jatuhnya air mata. Kemudian mereka bersama-sama membaca surat Al-Fatihah hingga selesai. Setelah itu kembalilah air mata terurai diiringi dengan pelukan hangat sesama muslim. Karena ikatan paling kuat adalah jalinan persaudaraan berdasarkan keimanan kepada Allah semata.
Indahnya persaudaraan karena iman
Berbeda dengan di Indonesia hari ini. Sesama muslim biasa bermusuhan. Padahal akidahnya sama. Alquran yang dibaca sama. Sama-sama katanya berjuang untuk Islam. Malah pada gelut.
Semoga Kita sama-sama bisa mengambil Ibrahnya, Aamiin J

SILAHKAN KLIK DISINI UNTUK MELIHAT VIDEO.
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship