PENGERTIAN CODEIGNITER

Codeigniter adalah framework yang dibuat berdasarkan design pattern model view controller atau biasa disingkat MVC. Design Pattern adalah kumpulan penjelasan mengenai metode-metode bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang umum ditemui dalam proses perancangan perangkat lunak (Software Design). Design pattern merupakan petunjuk bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah di seputar dunia software design.
MVC adalah sebuah metode pendekatan yang ditempuh untuk memisahkan aplikasi menjadi tiga bagian, yaitu :
a)      Model
Model berfungsi untuk merepresentasikan data yang digunakan aplikasi. Contoh data misalnya database, RSS, atau data yang diperoleh dari pemanggilan API, dan aksi yang melibatkan operasi Create, Read, Update, dan Delete (CRUD) data.
b)      View
View adalah informasi yang ditampilkan kepada user melalui browser. Biasanya berupa file HTML atau kode PHP yang menyusun template untuk sebuah website. Pada codeigniter, view dapat berupa bagian-bagian sebuah halaman, template atau jenis lain dari halaman atau template
c)      Controller
Controller adalah business logic yang bertugas sebagai jembatan antara Model dan View. Controller akan merespon HTTP request yang datang dari user (melalui browser), dari request ini controller akan menentukan apa yang harus dilakukan. Jika diperlukan, controller akan memanggil model untuk mengolah data, kemudian akan memanggil view yang sesuai untuk menampilkan data hasil olahan model dan akhirnya mengirim kembali halaman hasil olah data ke browser.
CodeIgniter dikembangkan oleh Rick Ellis dengan versi awal yang dirilis 28 Februari 2006. Hingga saat ini telah banyak versi CodeIgniter yang terus berkembang dengan penambahan fitur baru dari versi-versi sebelumnya. Versi terbaru CodeIgniter sendiri adalah versi 2.2. CodeIgniter merupakan framework aplikasi web yang open source untuk bahasa pemrograman PHP. CodeIgniter memilki berbagai fitur yang membuatnya berbeda dengan framework-framework PHP lainnya. Dokumentasi untuk framework ini sangat lengkap yang mencakup seluruh aspek dalam framework.
Suatu proses data mengalir pada sistem yang menggunakan framework CodeIgniter dapat diilustrasikan pada gambar berikut (Basuki, 2010):
Gambar  . Alur Kerja Aplikasi Framework CodeIgniter

a.      Index.php berfungsi sebagai front controller, menginisialisasi base resource untuk menjalankan CodeIgniter.
b.    Router memeriksa HTTP request untuk menentukan apa yang harus dilakukan dengannya.
c.   Jika Cache aktif maka hasilnya akan langsung dikirimkan ke browser dengan mengabaikan aliran data normal.
d.      Security. Sebelum controller dimuat, HTTP request dan data yang dikirimkan user akan difilter untuk keamanan.
e.  Controller membuat model, core libraries, plugins, helper, dan semua resouce yang diperlukan untuk memproses reuqest.
f.     Akhirnya View yang dihasilkan akan dikirim ke browser. Jika cache aktif maka View akan disimpan sebagai cache dahulu sehingga para request berikurnya langsung ditampilkan

Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship