SOSOK IBU MOORYATI SOEDIBYO: PENGUSAHA, POLITISI, DAN PAKAR KECANTIKAN INSPIRATIF

 Dr. Hj. B.R.A. Mooryati Soedibyo, S.S., M.Hum. (lahir 5 Januari 1928 – meninggal 24 April 2024) merupakan sosok yang telah meninggalkan jejak gemilang di berbagai bidang. Beliau dikenal sebagai pengusaha sukses, politisi handal, dan pakar kecantikan ternama di Indonesia.

 

Profil Singkat Ibu Mooryati Soedibyo

Nama Lengkap: Dr. Hj. B.R.A. Mooryati Soedibyo, S.S., M.Hum.

Lahir: 5 Januari 1928

Wafat: 24 April 2024

 

Gelar:

Bandoro Raden Ayu (B.R.A.)

Doktor (S.S., M.Hum.)

 

Jabatan:

Pendiri dan Presiden Direktur Mustika Ratu

Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009

 

Pencapaian:

Dikenal sebagai "Empu Jamu" karena keahliannya dalam meracik jamu tradisional.

Mendirikan Yayasan Puteri Indonesia.

Tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia pada usia 75 tahun.

Menerima berbagai penghargaan, termasuk Padma Shri dari India.

Meninggal dunia: 24 April 2024 di usia 96 tahun.

 


Kiprah Beliau di Dunia Usaha:

Pendiri Mustika Ratu: Mooryati Soedibyo mendirikan Mustika Ratu pada tahun 1975, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik, jamu, dan produk perawatan tubuh. Di bawah kepemimpinannya, Mustika Ratu berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan kosmetik ternama di Indonesia, bahkan merambah pasar internasional.

Pelestari Budaya Jamu: Mooryati Soedibyo dikenal sebagai "Empu Jamu" karena keahliannya dalam meracik jamu tradisional. Ia aktif dalam melestarikan budaya jamu dan memperkenalkannya kepada dunia.

 

Pengabdian di Bidang Politik:

Wakil Ketua MPR: Mooryati Soedibyo pernah menjabat sebagai Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2004-2009.

Sosok Peduli Perempuan: Beliau juga aktif dalam berbagai organisasi perempuan dan memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia.

 

Kontribusi Lainnya:

Pendiri Yayasan Puteri Indonesia: Mooryati Soedibyo merupakan salah satu pencetus ide kontes pemilihan Puteri Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan Indonesia dan mempromosikan budaya Indonesia di kancah internasional.

Doktor Tertua di Indonesia: Mooryati Soedibyo tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia pada usia 75 tahun.

 

Semoga Keluarga, Kerabat, serta Sahabat yang ditinggalkan dapat Ikhlas juga kuat hatinya. Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala jasa, dedikasi, serta kontribusi Ibu DR. BRA. Mooryati Soedibyo sebagai Tokoh Nasional untuk bangsa dan generasi penerus Indonesia (Presiden Joko Widodo)

Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship