PERANAN DAN KERJASAMA PERSONIL SEKOLAH DALAM PELAYANAN BK DISEKOLAH


     A.    Peranan Kepala / Wakil Kepala Sekolah
        1.      Tugas Kepala Sekolah :
   v  Mengkoordinir setiap pelaksanaan program kerja sekolah sehingga terdapat suatu kesatuan yang terpadu antara pengajaran, latihan, dan bimbingan konseling.
   v  Menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana sehingga kegiatan BK bias berjalan dengan lancer.
v  Melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap tindak lanjut kegiatan bimbingan dan konseling.
v  Mempertanggungjawabkan pelaksanan pelayanan BK di sekolah kepada kanwil/kandep yang menjadi atasannya.
2.      Tugas Wakil Kepala Sekolah :
v  Sebagai pembantu wakil kepala sekolah
v  Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam menjalankan tugas-tugas wakil kepala sekolah.
B.     Peranan Guru Pembimbing
Adapun tugas-tugas dari guru pembimbing adalah sebagai berikut :
1.    Memasyarakatkan pelayan bimbingan dan konseling
2.    Merencanakan apa saja program ataupun kegiatan bimbingan konseling per-semseternya atau per-bulannya.
3.    Melaksanakan program utama dan program pendukung kegiatan bimbingan dan konseling
4.    Menilai proses dan hasil dari kegiatan bimbingan dan konseling.
5.    Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian layanan dan program pendukung bimbingan dan konseling
6.    Mempertanggungjawabkan tugas dan kegiatan bimbingan dan konseling kepada coordinator BK dan KEPSEK
C.    Peranan Guru Mata Pelajaran
Adapun peranan dari guru mata pelajaran terhadap kegiatan BK adalah :
1.    Membantu mensosialisasikan kegiatan BK terhadap siswa.
2.    Memberikan data dan informasi siswa-siswa terutama siswa yang mebutuhkan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing.
3.    Mengalihkantangankan siswa yang mebutuhkan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing serta menerima alihtangan siswa yang mebutuhkan pengayaan dari guru pembimbing.
4.    Membangun suasan kelas yang harmonis baik antara siswa dan guru maupun antara siswa dengan siswa guna membantu kegiatan penunjang BK.
5.    Memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang membuthkan pelayanan BK dari guru pembimbing.
6.    Berpartisipasi dalam kenferensi kasus dan mengumpulkan data penilaian kegiatan BK
D.    Peranan Wali Kelas
Sebagai pengelolal kelas, adapun peranan wali kelas dalam pelayanan BK adalah sebaga berikut :
1.      Membantu guru pembimbing dan guru mata pelajaranuntuk melaksanakan tugas masing-masing terutama di kelas yang menjadi tanggung jawabnya.
2.      Mengalihtangankan siswa yang memerlukan layanan BK serta memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa yang memerlukan layanan BK.
3.      Berpartisipasi akti dalam kenferensi kasus.
E.     Peranan Pengawas BK
1.    Mengkoordinasikan guru pembimbing dalam :
v Memasyarakatkan pelayanan BK kepada segenap warga sekolah (siswa, guru, dan personil sekolah lainnya), orang tua siswa dan masyarakat.
v Menyusun program kegiatan BK (prohram satuan layanan dan kegiatan pendukung, program mingguan, bulanan, caturwulan, dan tahunan).
v Melaksanakan program BK serta menilai hasil kegiatan layanan BK
v Mengadministrasikan program kegiatan BK
2.    Mengusulkan kepada kepala sekolah dan mengusahakan bagi kepentingan tenaga, prasarana, dan sarana alat dan perlengkapan pelayanan BK
F.     Kerjasama Antar Personil Sekolah dan Pelayanan BK
Suatu pelayanan BK tidak akan dapat berjalan lancar jika tidak ada kerjasama yang baik antara personil sekolah dan pelayanan BK. Guru pembimbing, guru mata pelajaran dan guru walikelas mempunyai banyak keterbatasan dalam rangka melakasnakan layananan BK disebabkan karena tugas yang banyak, jumlah murid yang banyak, kurangnya waktu untuk tatap muka dengan siswa, keberagaman siswa, serta pengalaman dari masing-masing guru.

Adapun rumusan bagaimana kerjasama antar personil sekolah dengan pelayanan BK biar bisa berjalan dengan baik yaitu dengan cara saling mengisi kekosongan dan kekurangan masing-masing, serta saling menginfokan mana siswa-siswa yang kira-kira membutuhkan pelayanan serta saling berbagi pengalaman antara personil sekolah yang sudah berpengalaman dengan personil sekolah yang baru bekerja.
Share:

Sosok dibalik Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UNP

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan mobil listrik buatan mahasiswa UNP yang kemarin.
Nah,Untuk pengerjaan mobil listrik buatan mahasiswa UNP kemarin, pembuatannya  memakan waktu yang relative lama, lebih kurang sekitar 4 bulan, hal ini dikarenakan pembuatannya tidak hanya dipusatkan disatu tempat, akan tetapi dipusatkan di tiga tempat. Menurut penuturan saudara Veby Prima Putra (anggota Team Mobil Listrik UNP) kepada penulis pembuatan mobil listrik ini di pusatkan di Tiga tempat, yaitu di Payakumbuh untuk pembuatan kerangka mobil listrik, kemudian di Pariaman untuk pembuatan body mobil listrik dan untuk perakitan hingga Uji mesin di pusatkan di bengkel jurusan teknik mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
Info ini penulis dapatkan Tiga hari yang lalu setelah penulis membagikan Artikel Mobil Listrik Buatan Mahasiswa UNP di google plus, media sosial miliknya si mbah google. Tulisan saya langsung direspon oleh salah seorang anggota team mobil listrik FT UNP yaitu brother Veby Prima Putra, kemudian obrolan pun berlanjut di media sosial buatannya Kang Mark Zuckerberg . Dari hasil obrolan tersebut didapatkan lah nama-nama yang turut andil dalam pembuatan mobil listrik UNP, berikut nama-namanya :
-          Reodhy Hamzah         ( Ketua /Mesin/ 2011)
-          Veby Prima Putra       (Anggota/Mesin/2012)
-          Suiseki Fadhail             (Anggota/Mesin/2012)
-          Aghel Novrinandhes  (Anggota/Mesin/2012)
-          Rolanda Putra              (Anggota/Mesin/2012)
-          Fitrah Muhammad      (Anggota/Mesin/2012)
-          Irawanta                         (Anggota/Mesin/2012)
-          Fajar Wanta                  (Anggota/Mesin/2012)
Saya yakin pasti Banyak sekali hambatan yang mereka temui ketika mengerjakan proyek ini, tapi lagi-lagi berkat kekompakan dan kesolidan Team, Hal itu bisa mereka lalui sehingga bisa menciptakan Mobil listrik pertama menurut saya di Universitas Negeri Padang. Tulisan ini saya buat semata-mata hanya ingin menyampaikan kepada masyarakat luas, bahwa anak UNP juga bisa melakukan hal-hal yang luar biasa, karena saya yakin, Di Fakultas Teknik masih banyak Enginer-enginer yang namanya belum mencuat ke permukaan terutama di jurusan saya (Teknik Elektronika) khususnya di Prodi saya (Pend. Teknik Informatika), semoga kabar mobil listrik ini bisa tersiar kepada  bapak rektor kita tercinta, sehingga mobil listrik ini bisa di Launching secara resmi oleh pihak kampus. Aminn
Pesan yang disampaikan oleh brother Veby kepada saya “Maju Terus Mobil Listrik UNP, Semoga Tiap Tahunnya Ada Pengembangan Yang Lebih Terbaru”

====“Solidarity Forever” ===

Diambil dari akun FB Resmi Brother Veby

 Setelah Jadi

Share:

Bung Hatta Teladan Beta

AKU PELAYAN BUKAN PENGUASA
Oleh: Hasan Tarmizi
Genap sudah 34 tahun sejak kepergian salah seorang bapak proklamator kita. Bapak yang sudah merintis pergerakan kemerdakaan indonesia sejak usia mudanya. Bapak yang rela keluar masuk penjara serta keluar masuk dari pengasingan demi mewujudkan satu kata impian “Merdeka”. Namanya tidak hanya harum di negaranya, akan tetapi dia dikenal di seluruh penjuru dunia melalui organisasi sosialnya yaitu Indische Vereniging (Perhimpunan Indonesia).
Jika kita mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia, kita tentu tidak bisa melupakan jasa bapak proklamator ini, yaitu Muhammad Hatta. Putra Minang kelahiran 12 Agustus 1902  yang besar di Fort de Kock (Bukittinggi), Merupakan seorang pemimpin yang memposisikan dirinya sebagai pelayan masyarakat (public servant) dengan yang senantiasa santun dan  menjunjung tinggi kejujuran serta amanah. “jujur di sini, tidak hanya terbatas pada tidak melakukan praktik KKN selama berkuasa atau menjabat. Namun, lebih dari itu, Bung hatta jujur terhadap hati nuraninya,” kata Rachmawati.
Sikap kejujran bung hatta tercermin ketika beliau memilih mengundurkan diri daripada mempertahankan jabatannya sebagai seorang wakil presiden ketika pemikirannya tidak sepaham dengan Bung Karno. Walaupun demikian mereka tetap berteman dan tetap saling mendukung satu sama lain.
Kisah sepatu bally dan mesin jahit yang tidak terbeli, kisah gaji pensiunan yang sedikit, kisah tagihan listrik, gas, air, dan telepon yang mencekik, kisah uang pengobatan yang ia kembalikan, kisah penolakan tawaran rumah dan kenaikan gaji pensiunan,dan kisah penolakan posisi di World Bank untuk anaknya merupakan sikap seoarang pemimpin yang bersahaja yang tidak mementingkan diri sendiri.
Sungguh sikap yang dicontohkan Bung Hatta adalah sebuah oase bagi negeri ini yang tengah dililit oleh banyak skandal korupsi yang melibatkan banyak pemimpin saat ini. Alih-alih meneladani sikap Bung Hatta, pemimpin saat ini justru semakin kaya saja ketika menjabat. Anak istrinya memiliki berbagai perusahaan. Menjadi direksi atau komisaris disana sini. Punya saham dimana-mana. Bagi-bagi proyek kepada sanak famili sehingga keluarga besarnya menjadi penguasa mutlak sebuah daerah. Pada akhirnya terciptalah dinasti. Istri atau suaminya, anak, ipar, saudara lainnya banyak yang menjadi anggota legislatif, pemimpin daerah, punya kontraktor dan lain sebagainya. Sungguh sebuah rasa sayang keluarga yang salah kaprah, dan kitalah sebagai rakyat yang menanggung semua akibatnya. Sungguh tragis.
Ketika negeri ini sedang dilanda wabah korupsi. Ketika korupsi masih massif dan sangat sistematis. Ketika partai politik hanya mementingkan kepentingan pribadi dan partainya. Dan ketika presiden tunduk kepada partainya. Maka hari ini tidak lain dan tidak bukan yang kita rindukan sosok pemimpin seperti bung hatta, dan sosok pemuda seperti Bung Hatta. Pemuda yang berani tampil di depan untuk melakukan pergerakan demi kemajuan negerinya.
Pemuda adalah orang yang mempunyai potensi luar biasa dari mulai berprestasi, ber Inovasi dan Berkreasi. Ditengah-tengah keadaan seperti yang sedang dialami bangsa kita ini, membangun integritas menjadi sebuah hal yang wajib. Pemuda mempunyai poin yang lebih dalam masalah membangun integritas, karena kembali kita ingat bahwa para pemuda lah yang nantinya akan memimpin bangsa ini ke depannya. Integritas dimulai dengan hal cukup sederhana namun tak sesederhana saat mengucapkannya yaitu “kejujuran”.  Integritas berhubungan erat dengan kejujuran karena integritas merupakan bersikap, berpikir dan melakukan hal yang benar. Pemuda memiliki kekuatan besar untuk membangun bangsa  ini, untuk mari kita bersatu dari Sabang sampai Merauke. Pemuda harus memiliki semangat tak terhingga, kemauan yang luar biasa, pemikiran cerdas nan luar biasa juga akhlaq baik yang paling utama.
Wahai pemuda dan para pemimpin kami, mari kita berkaca kepada pendahulu kita, yang rela berjuang untuk negerinya tanpa mengharapkan imbalan sepeser pun, dia adalah Muhammad Hatta. Mari kita bangkit, mari kita kumpulkan kembali batu bata penyusun bangsa ini, dan hari ini mari kita berkarya untuk Indonesia yang Lebih Baik. Aku pelayan bukan penguasa. Bung Hatta Teladan Beta.




Sumber :
artikelnya Lusy Pebrianti
gambar : kitabisa.com


Share:

Ragam Bahasa Di Mandailing Natal

Mandailing natal merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara, Kabupaten ini berbatasan langsung dengan provinsi sumatera barat. Oleh karena itu adat istiadat dari kabupaten mandailing natal sedikit  banyaknnya terpengaruhi oleh adat istiadat dari sumatera barat. Akan tetapi untuk ragam bahasa sendiri, Mandailing Natal mempunyai Jenis tersendiri
Di mandailing Natal terdapat 5 ragam bahasa mandailing yang disebut oleh Van der Tuuk sebagai bahasa mandailing Utara. Masing-masing Ragam bahasa dinamakan oleh orang mandailing sebagai :
1.       Hata Somal yaitu ragam bahasa mandailing yang lazim digunakan oleh orang mandailing dalam kehidupan sehari-harinya sampai saat ini. Biasanya Hata Somal ini dapat dimengerti  mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah dewasa. Hata somal ini lah biasanya bahasa dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam interaksi social
2.       Hata Andung adalah ragam bahasa semacam ragam bahasa sastranya orang mandailing. Hata andung ini pada masa dahulu digunakan oleh orang-orang Mandailing pada waktu meratapi jenazah dalam upacara kematian. Selain untuk meratapi kematian Hata Andung ini juga digunakan oleh gadis ketika ia meratap dihadapan orang tuanya pada saat akan berangkat meninggalkan mereka untuk selanjutnya dibawa kerumaha keluarga calon suaminya.
3.       Hata Teas Dot Jampolak yaitu ragam bahasa caci maki yang khusus digunakan ketika terjadi hal-hal yang tidak baik (pertengkaran atau perkelahian). Dan biasanya makna dari kata-kata yang dikeluarkan sangat kasar dan tidak mengandung unsur kesopanan sedikitpun. Karena Hata Teas Dot Jampolak  ini akan otomatis dilafalkan ketika si penyebut dipengaruhi oleh emosi kemaraha.
4.       Hata Sibaso ialah ragam bahasa yang khusus digunakan oleh tokoh Sibaso (yaitu medium perantara alam nyata dan alam gaib) ketika berada dalam keadaan kesurupan dan juga digunakan oleh datu/dukun (penyembuh tradisional) pada waktu melakukan pengobatan. Hata Sibaso ini sama halnya dengan bacaan Mantra-Mantra atau Jampi-jampi

5.       Hata Parkapur  adalah bahasa sirkumlokusi yang khusus digunakan ketika orang berada di tengah hutan. Hata parkapur di zaman dahulu digunakan oleh alak(orang-orang) mandailing pencari kapur barus ketika berada dalam hutan. Hal itulah yang mendasari kenapa nama ragam bahasa ini disebut dengan Ragam Parkapur atau Hata Parkapur.


Sumber : selwataman.blogspot.co.id, kaskus(gambar)
Share:

SUMATERA UTARA (TANO BATAK-BATAK PAKPAK)

Njuah-juah Mo Banta Karina!, Merupakan salam khas dari sub-suku batak yang satu ini. Batak pak-pak merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat di pulau Sumatera Indonesia. Batak PakPak ini tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara dan Aceh, diantaranya adalah :
1.      Kabupaten Dairi (sumut)
2.      Kabupaten Pakpak barat (sumut)
3.      Kabupaten Humbang Hasundutan (sumut)
4.      Tapanuli Tengah (sumut)
5.      Kabupaten Aceh Singkil (Aceh)
6.      Kota Subulussalam (Aceh)

Batak pakpak terdiri atas lima subsuku lagi, dalam istilah orang pakpak subsuku yang lima ini disebut dengan istilah “PAKPAK SILIMA SUAK”. Pakpak silima suak ini terdiri dari :
-          Pakpak Klasen
Terdapat di Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Tengah
-          Pakpak Simsim
Yaitu Orang Pakpak yang menetap dan memilki hak ulayat di wilayah Simsim meliputi wilayah Salak, Situje, Situju, Kerajaan, Pergetteng-getteng Sengkut, Tinada dan Jambu. Marga-marganya yaitu Berutu, Padang, Solin, Cibro, Sinamo, Boang Manalu, Manik, Banurea, Sitakar, Kabeaken, Lembeng, Tinendung dan lain-lain. Pakpak simsism ini terdapat Kabupaten Pakpak Barat,
-          Pakpak Boang
Terdapat di Kabupaten Singil dan Kota Subulussalam
-          Pakpak Pegagan
Terdapat di Kabupaten Dairi
-          Pakpak Keppas

Terdapat di Kabupaten Dairi

Sumber : Wikipedia, Pakpak.org(gambar)
Lanjut Part III
Share:

SUMATERA UTARA (TANO BATAK)


Sumatera Utara atau yang sering disingkat dengan SUMUT merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia. Jumlah penduduk yang terdapat pada provinsi ini sebanyak 6.076.440 jiwa (Sensus 2000). Penduduk tersebut terbagi kedalam beberapa suku dan etnis.
Satu provinsi dengan keberagaman etnis dan sub-etnis merupakan hal yang menarik bagi sebagian orang yang tinggal di luar Sumtera Utara untuk diketahui. Keberagaman suku dan etnis tersebut membuat banyak penduduk Indonesia kebingungan ketika berkenalan dengan orang batak. Dan sering kita jumpai juga ketika kita berkenalan dengan orang sumatera utara, banyak dari mereka yang menyanggah bahwasanya mereka bukan orang batak, tapi orang mandailing dan sebagainya. Apa yang membuat hal ini bisa terjadi ??
Pada artikel bersambung saya ini, saya akan mencoba menuliskan berapa banyak etnis batak, dan bagaimana persebarannya di provinsi Sumatera Utara. Untuk info awal, berikut saya tuliskan pembagian etnis suku batak :
1.      Batak Pakpak
2.      Batak Karo
3.      Batak Toba
4.      Batak Simalungun
5.      Mandailing
6.      Batak Angkola/Pesisir
7.      Nias
8.      Melayu


Berlanjut ke Part II


Share:

Tipe Data Objek Pada PHP

Tipe data objek merupakan tipe data baru, merupakan pengembangan PHP untuk mendukung pemrograman berorientasi objek. Tipe data objek adalah tipe data yang didalamnya mempunyai data dan method. Data yang dipunyai oleh suatu objek populer dengan nama atribut, dan method suatu objek umumnya berupas suatu fungsi.

Data objek didefenisikan dengan membuat defenisi kelas terlebih dahulu. Suatu variabel yang bertipe objek diinisialisasi (dideklarasi) dengan menggunakan perintah new kemudian nama objek (berupa nama kelas Objek)
beriku contohnya :




















Sumber : Betha sidik (Buku Pemrograman web PHP )

Share:

Recent Posts

Sponsorship