Siapa Profesor Termuda di USA???

Profesor Termuda Di Amerika Serikat

Assalamualaikum......
bagaimana kabar pengunjung blog berbagi itu indah semua.....??

kemaren tak sengaja saya surfing di internet, dan mengundang decak kagum saya..
ternyata profesor termuda di Amerika Serikat adalah orang indonesia, dan beliau berasal dari daerah saya, yaitu Sumatera Utara.
ketika saya mengetahui bahwa beliau berasal dari SMA 1 Soetomo, saya teringat masa2 SMA, Masa2 olympiade tingkat Provinsi, dimana Saingan terberat di sumatera utara itu adalah SMA 1 Soetomo,
pantas mereka menjadi SMA terfavourite di SUmatera Utara, karena terbukti Alumnus bisa menjadi profesor termuda di Amerika Serikat
Namanya Nelson Tansu, beliau meraih gelar Profesor di bidang Electrical Engineering di Amerika sebelum berusia 30 tahun. Karena last name-nya mirip nama Jepang, banyak petinggi Jepang yang mengajaknya "pulang ke Jepang" untuk membangun Jepang. Tapi Prof. Tansu mengatakan kalau dia adalah pemegang paspor hijau berlogo Garuda Pancasila. Namun demikian, ia belum mau pulang ke Indonesia. Kenapa?
Nelson Tansu lahir di Medan , 20 October 1977. Lulusan terbaik dari SMA Sutomo 1 Medan. Pernah menjadi finalis team Indonesia di Olimpiade Fisika. Meraih gelar Sarjana dari Wisconsin University pada bidang Applied Mathematics, Electrical Engineering and Physics (AMEP) yang ditempuhnya hanya dalam 2 tahun 9 bulan, dan dengan predikat Summa Cum Laude. Kemudian meraih gelar Master pada bidang yang sama, dan meraih gelar Doktor (Ph.D) di bidang Electrical Engineering pada usia 26 tahun. Ia mengaku orang tuanya hanya membiayai-nya hingga sarjana saja. Selebihnya, ia dapat dari beasiswa hingga meraih gelar Doktorat. Dia juga merupakan orang Indonesia pertama yang menjadi Profesor di Lehigh University tempatnya bekerja sekarang.
Thesis Doktorat-nya mendapat award sebagai "The 2003 Harold A. Peterson Best ECE Research Paper Award" mengalahkan 300 thesis Doktorat lainnya. Secara total, ia sudah menerima 11 scientific award di tingkat internasional, sudah mempublikasikan lebih 80 karya di berbagai journal internasional dan saat ini adalah visiting professor di 18 perguruan tinggi dan institusi riset. Ia juga aktif diundang sebagai pembicara di berbagai even internasional di Amerika, Kanada, Eropa dan Asia .
Karena namanya mirip dengan bekas Perdana Menteri Turki, Tansu Ciller, dan juga mirip nama Jepang, Tansu, maka pihak Turki dan Jepang banyak yang mencoba membajaknya untuk "pulang". Tapi dia selalu menjelaskan kalau dia adalah orang Indonesia . Hingga kini ia tetap memegang paspor hijau berlogo Garuda Pancasila dan tidak menjadi warga negara Amerika Serikat. Ia cinta Indonesia katanya. Tetapi, melihat atmosfir riset yang sangat mendukung di Amerika , ia menyatakan belum mau pulang dan bekerja di Indonesia . Bukan apa-apa, harus kita akui bahwa Indonesia terlalu kecil untuk ilmuwan sekaliber Prof. Nelson Tansu.
Ia juga menyatakan bahwa di Amerika, ilmuwan dan dosen adalah profesi yang sangat dihormati di masyarakat. Ia tidak melihat hal demikian di Indonesia . Ia menyatatakan bahwa penghargaan bagi ilmuwan dan dosen di Indonesia adalah rendah. Lihat saja penghasilan yang didapat dari kampus. Tidak cukup untuk membiayai keluarga si peneliti/dosen. Akibatnya, seorang dosen harus mengambil pekerjaan lain, sebagai konsultan di sektor swasta, mengajar di banyak perguruan tinggi, dan sebagianya. Dengan demikian, seorang dosen tidak punya waktu lagi untuk melakkukan riset dan membuat publikasi ilmiah. Bagaimana perguruan tinggi Indonesia bisa dikenal di luar negeri jika tidak pernah menghasilkan publikasi ilmiah secara internasional?
Prof. Tansu juga menjelaskan kalau di US atau Singapore , gaji seorang profesor adalah 18-30 kali lipat lebih dari gaji professor di Indonesia . Sementara, biaya hidup di Indonesia cuma lebih murah 3 kali saja. Maka itu, ia mengatakan adalah sangat wajar jika seorang profesor lebih memilih untuk tidak bekerja di Indonesia . Panggilan seorang profesor atau dosen adalah untuk meneliti dan membuat publikasi ilmiah, tapi bagaimana mungkin bisa ia lakukan jika ia sendiri sibuk "cari makan".

(ini copas dari blog teman, sudah ijin tapi saya lupa nama blognya dia, jadi maaf gak dicantumin alamat blog asalnya). 
http://trihanifa.blogspot.com/2013/07/profesor-termuda-di-as-ternyata-orang.html
Share:

Asynchronous Transfer Mode (Ringkasan Materi)

Sahabat blogger berbagi itu indah, Kali ini kita akan membahas mengenai ATM, eits jangan salah sangka dulu bahasan kita bukan ATM tempat ngambil uang ya, kali kita akan membahasa mengenai Asynchoronus Transfer Mode atau yang disingkat ATM.
ATM adalah nama sebuah jaringan khusus yang merupakan teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan public sebagaimana halnya internet dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehinggga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas unik. ATM merupakan bagian dari pengembangan teknologi data link seperti Ethernet.
ATM ini merupakan rancangan untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3. Nah, pada ATM ini nanti seluruh informasi yang akan ditransfer akan dibagi menjadi slot-slot dengan ukuran tetap yang disebut sel. Ukuran sel pada ATM adalah 53 oktet (1 oktet=8 bits) yang terdiri dari 48 oktet untuk field informasi, 5 oktet untuk header.

KARAKTERISTIK ATM
Dilihat dari segi kecepatan transfer data, teknilogi ATM mempunyai karakteristik :
-       Besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protocol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata.
-        Meningkatnya kecepatan dari 25 hingga 155 Mbps
-      Dapat menggabungkan 16 saluran menjadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hamper sebesar 2.5 juta bit per detik.
-  ATM tidak melibatkan routing. Komponen perangkat keras yang disebut ATM switch membentuk koneksi point to point antara kedua ujung transmisi, dan data mengalir langsung dari sumber ke tujuan sehingga pengguna dapat dengan mudah memonitor dan mengendalikan pita lebar (bandwith) dibandingkan dengan Ethernet.
-       ATM tidak menggunakan paket dengan panjang yang berubah-ubah tetapi menggunakan sel berukuran tetap.

Prinsip Kerja ATM
Asynchronous Transfer Mode (ATM) merupakan interface transfer paket yang efisien. ATM menggunakan paket-paket data yang berukuran tertentu yang disebut ‘cell”. Penggunaan cell ini menghasilkan skema yang efisien untuk pentransmisian pada jaringan berkecepatan tinggi ATM memiliki cara yang sama dengan packet -switching. ATM melibatkan pentransferan data dalam bentuk potongan-potongan yang memiliki ciri-ciri tersendiri. ATM memungkinkan koneksi logik multiple dimultipleks melalui sebuah interface fisik tunggal.
Pada ATM seluruh informasi yang akan ditransfer akan dibagi menjadi slot-slot dengan ukuran tetap yang disebut cell. Ukuran cell pada ATM adalah 53 octet (1 octet = 8 bits) yang terdiri dari 48 octet untuk filed informasi dan 5 octet untuk HEADER.
ATM merupakan protokol yang efisien dengan kemampuan kontrol kesalahan (error control) dan kontrol aliran minimal (flow control). Hal ini menyebabkan berkurangnya overhead saat pengolahan sel-sel ATM sekaligus mengurangi bit -bit overhead yang diperlukan masing-masing sel. Lapisan fisik melibatkan spesifikasi media transmisi dan skema pengkodean sinyal. Rate data yang ditetapkan pada lapisan fisik berkisar mulai dari 25,6 Mbps sampai 622,08 Mbps. Dua lapis diatasnya berkaitan dengan fungsi fungsi ATM, yaitu pelayanan transfer paket (ATM layer) dan lapisan adaptasi (AAL) untuk pelayanan protokol transmisi yang tidak berbasis ATM.
Model referensi protokol melibatkan tiga taraf yang berbeda:
-   Taraf pemakai: tersedia untuk transfer informasi pemakai, bersama-sama dengan kontrol-kontrol yang terkait.
-        Taraf kontrol: menampilkan fungsi-fungsi kontrol panggilan dan kontrol koneksi
-       Taraf manajemen: menampilkan fungsifungsi manajemen yang berkaitan dengan sistem secara keseluruhan      Koneksi logik ATM disebut “Virtual Channel Connection” (VVC) atau koneksi melalui saluran maya.
Jenis Data terbagi menjadi dua yaitu:
1. User plane       : berupa data asli seperti voice dan data
2. Control plane    :  berupa control dan signaling

Kedua data tersebut akan diadaptasi oleh AAL( ATM Adaptation Layer) ketika akan ditransmisikan. Informasi yang ada akan masuk ke dalam cell lalu diteruskan ke physical layer sebagai contoh E1 dan Ethernet.

Pada gambar dapat diilustrasikan E1 tersebut memiliki dua buah Virtual Path (VP) identifier yang memiliki bandwidth 2 x 2048 Kbps. Mengapa ada dua pembagian jalur virtual? Hal tersebut karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa data terbagi dua jenis yaitu user plane dan control plane. Maka kita membagi jalur terhadap dua jenis data tersebut berdasarkan bandwidthnya. Umumnya user plane akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar dalam hal Ini 3.5 Mbps dengan menggunakan AAL2 sebagai ATM adaption layernya. AAL2 mengidentifikasikan fungsi untuk real time transmisi. Kemudian dua buah virtual path akan dibagi lagi menjadi Virtual Circuit (VC) .  AAL 5 digunakan untuk paket , kontrol dan signaling, sedangkan ALCAP digunakan untuk transport. beberapa istilah lain dalam ATM diantaranya:
-        VCI      = jalur elemen terkecil
-        NBAP  = terdiri dari TCP dan UDP yang berupa protocol signaling atau control yang ada di Iub (antara RNC-dengan Node B). Diantara Node B dan RNC linknya menggunakan E1 tersebut.
-        RNAP  = Radio Network Application Part, sebuah protocol signaling disisi RNC
-      OMCB = Berupa link khusus yang berfungsi sebagai monitoring node B via RNC selain itu untuk upload melihat node B dimana protokol dari OMCB adalah IP. Ingat bahwa dalam teknologi 3G hanya ada dua jenis protocol yang digunakan yaitu ATM dan IP
-      IMA    = Inverse Multiplexing of ATM, sebagai protocol yang mengubah ATM kedalam E1 atau sebaliknya. Mengapa diperlukan pengubahan dari ATM ke E1, hal ini dikarenakan link existing yang sekarang banyak menggunakan E1, jadi untuk penerapan dari ATM mau tidak mau menggunakan konversi ke dalam E1.

Sumber :





Share:

Makalah ATM

Asynchronous Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron(disingkat ATM) adalah nama sebuah jaringan  khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik
sumber gambar : Google gambar
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknologi switching dan multiplexing,dimaksudkan untuk memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang, misalnya sinkron dalam waktu, langkah, sesuai dengan aplikasi dan/atau jam jaringan.
Transmisi Asynchronous memungkinkan sel-sel yang akan diposisikan  di mana saja dalam data stream. ATM saat ini memiliki kecepatan 155Mbps (OC-3port), 622Mbps (OC-12port), 1,2 Gbps dan 2,5 Gbps. Token Ring dan FDDI.ATM sangat fleksibel dan memungkinkan berbagai jenis media seperti suara, video, file data transmisi dll, masing- masing dikelola oleh jaringan secara berbeda video, misalnya bisa sangat rentan terhadap penurunan mendadak dalam performa jaringan seperti kecepatan video yang bervariasisangat mengganggu. ATM memungkinkansirkuit dengan bandwidth terjamindan persyaratan yang berbeda yang akan dibentuk secarabersamaanLayanan. Kualitas (QoS) dapat diatur dan ditetapkan pada tahapkoneksimenggunakan parameter seperti delay, jitter delay dan tingkat kesalahanberdasarkanaplikasi dan negara jaringan pada saat koneksi. Dua prioritas untuk lalu lintas didefinisikan;prioritas tinggi dan prioritas rendah. lalu lintas rendah akan diabaikan jika ada masalahkemacetan saklar. ATM Meskipun bukan jenis jaringan broadcast, multicastdidukung untukaplikasi seperti suara dan video conferencing
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknologi switching dan multiplexing, dimaksudkan untuk memindahkan berbagai jenis trafik (data, suara, video, audio) dengan cepat dan efisien. Circuit switching umumnya mensyaratkan bahwa paket di set ke posisi dalam frame berulang, misalnya sinkron dalam waktu, langkah, sesuai dengan aplikasi dan / atau jam jaringan. Transmisi Asynchronous memungkinkan sel-sel yang akan diposisikan di mana saja dalam data stream. ATM saat ini memiliki kecepatan 155Mbps (OC-3port), 622Mbps (OC-12 port), 1,2 Gbps dan 2,5 Gbps. Asynchronous Transfer Mode (ATM) merupakan protokol jaringan yang berbasis sel, yaitu paket-paket kecil yang berukuran tetap (48 byte data + 5 byte header) pada sirkuit virtual. Protokol lain yang berbasis paket, seperti IP dan Ethernet, menggunakan satuan data paket yang berukuran tidak tetap.
Kata asynchronous pada ATM berarti transfer data dilakukan secara asinkron, yaitu masing-masing pengirim dan penerima tidak harus memiliki pewaktu (clock) yang tersinkronisasi. Metode lainnya adalah transfer secara sinkron, yang disebut sebagai STM (Synchronous Transfer Mode). Dengan kata lain ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik. Secara teknis, ATM dapat dianggap suatu evolusi dari packet switching. Seperti transfer data pada packet switching ATM mengintegrasikan fungsi multiplexing dan switching. Dengan ukuran sel data yang tetap dan kecil, memungkinkan switching pada kecepatan dengan throughput tinggi. Dengan delay yang sangat kecil dan waktu interval yang tetap antar sel data, memungkinkan aplikasi suara dan video dikirim lewat LAN dan berbagai jenis tipe data yang berbeda digabungkan dalam network yang sama. Walaupun ATM tidak mencapai kecepatan Gigabit di atas network, feature delay dan waktu interval menjadikannya teknologi potensial untuk LAN kecepatan tinggi membawa aplikasi multimedia.
ATM memungkinkan sirkuit dengan bandwidth terjamin dan persyaratan yang berbeda yang akan dibentuk secara bersamaan Layanan. Kualitas (QoS) dapat diatur dan ditetapkan pada tahap koneksi menggunakan parameter seperti delay, jitter delay dan tingkat kesalahan berdasarkan aplikasi dan negara jaringan pada saat koneksi.Dua prioritas untuk lalu lintas didefinisikan; prioritas tinggi dan prioritas rendah. lalu lintas rendah akan diabaikan jika ada masalah kemacetan saklar. ATM Meskipun bukan jenis jaringan broadcast, multicast didukung untuk aplikasi seperti suara dan video conferencing. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair. ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN. dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
Teknologi yang dipilih untuk membawa layanan B-ISDN dan Teknologi Asyncronous Transfer Mode (ATM) saat ini memasuki operasional pelayanan secara penuh dan merupakan satu teknologi yang menjadi dasar pembuatan jaringan-jaringan yang baru. ATM menyediakan teknologinya untuk membangun jaringan yang cocok bagi kebutuhan konsumen mereka, kombinasi kemampuan, pengaturan dan kapasitas untuk membawa jalur lain seperti Frame Ralay atau X.25 dan segala protokol seperti Internet Protocol (IP). Ini merupakan berita baik untuk perusahaan besar dengan hubungan fiber yang langsung tetapi kantor cabang atau kantor kecil yang tergantung pada jasa kantor telepon yang selama ini kurang beruntung.
Sekarang dengan perpaduan ATM dengan asymmetric digital subscriber loop (ADSL) menjadi standart yang diakui, perusahaan kecil mempunyai prospek terhadap akses langsung ATM dan merupakan salah satu teknologi yang memberikan pelayanan yang sangat cepat melalui jalur kabel standart. Teknologi ini dapat menghubungkan banyak pelanggan yang berada di berbagai tempat.





Makalah ATM
Share:

Pengertian dan Sejarah Ethernet

Ethernet adalah metode media akses agar memperbolehkan semua host di dalam jaringan untuk share (berbagi) bandwidth dalam suatu link.Ethernet merupakan salah satu alat (media komunikasi) yang dipasang di dalam CPU pada PCI slot. Ini berfungsi untuk menghubungkan kabel dalam jaringan dan  memungkinkan terjadi koneksi internet, intranet, atau ekstranet.
Ethernet merupakan sebuah teknologi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai interface yang digunakan untuk konektivitas perangkat komputer maupun laptop, hampir di setiap jaringan LAN (Local Area Network) di seluruh dunia.
Selain karena harganya terjangkau, teknologi Ethernet sangat mudah diadaptasi oleh perangkat seperti modem, printer, scanner, faksimile, VoIP phone, serta perangkat teknologi informasi lainnya. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan senakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan komunikasi data, teknologi Ethernet juga digunakan sebagai interface dari layanan broadband data comunication, yang lebih dikenal dengan nama Metro Ethernet.
Ethernet adalah salah satu skenario pengkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data dalam jaringan. Sebenarnya ada berbagai metode akses yang digunakan dalam jaringan diantaranya, Ethernet, FDDI, Token Ring, Wireless LAN, Bridging, dan Virtual Bridged LAN. Masing-masing metode mempunyai interface yang berbeda-beda. Interface yang digunakan pada ethernet disebut ethernet card. Ada berbagai macam interface untuk ethernet berdasarkan media transmisi yang digunakan. Ethernet menjadi populer karena ia mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan (scalable), artinya cukup mudah untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam infrastruktur network yang ada. Ada banyak metode-metode lain yang lebih cepat dari ethernet, namun dari sisi harga untuk interface-interface ethernet sangat terjangkau sehingga sampai sekarang ethernet masih menjadi pilihan kebanyakan orang.Selain murah, ethernet sangat banyak beredar di pasaran, tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya.

Sejarah
Ide awal Ethernet berkembang dari masalah bagaimana menghubungkan dua atau lebih host yang menggunakan medium yang sama dan mencegah interferensi sinyal satu sama lain. Masalah multiple access ini telah dipelajari pada awal tahun 1970-an di University of Hawaii. Sebuah sistem yang disebut Alohanet dikembangkan untuk memungkinkan berbagai stasiun di Hawaii dapat berbagi frekuensi radio.Hasil ini kemudian membentuk dasar untuk akses Ethernet yang dikenal sebagai metode akses CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection).
Pada tahun 1973, Robert (Bob) Metcalfe adalah seorang insinyur lulusan MIT, penyandang gelar Ph.D dari Harvard,  yang bekerja di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Dalam kursus pelatihan kerja personil militer AS untuk menggunakan jaringan paket operasional pertama di dunia yang dikenal sebagai Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).
Sementara tinggal di apartemen temannya  di ibukota negara, insinyur muda menemukan sebuah buku hasil konferensi dari American Federation of Information Processing Societies (AFIPS) tahun 1970. Dalam makalah yang ditulis oleh Norman Abramson berjudul "The Aloha System - Alternatif lain untuk Komunikasi Komputer. "Ini menggambarkan pengembangan jaringan radio berbasis inovatif komputer yang kemudian dikenal sebagai ALOHAnet.Dan meskipun dia tidak setuju dengan beberapa aspek dari model teknologi, tetapi ini menarik perhatian Metcalfe.
Terinspirasi oleh kertas ALOHAnet, sekembalinya ke PARC dan dengan bantuan David R. Boggs, ia mulai menuliskan pikirannya di atas kertas. Menggunakan mesin ketik IBM Selectric dengan bola Orator, Metcalfe mengetik memo dan sketsa skema cepat yang selamanya akan mengubah baik jaringan dan dunia pada umumnya. Dan seterusnya hingga  22 Mei 1973 Ethernet lahir. Setelah berbulan-bulan usaha yang dibangun pada ide-ide Metcalfe dan bantuan Boggs 'dalam merancang dan debugging perangkat keras jaringan yang diperlukan, pertama Ethernet prototipe, sebuah 2.94 Mbps CSMA / CD sistem menghubungkan lebih dari 100 workstation pada 1 Km kabel,pada tanggal 11 November , 1973. Berdasarkan keberhasilan tersebut, Xerox mempatenkan Ethernet pada tahun 1975.
Pada tahun 1979, Metcalfe meninggalkan PARC untuk menemukan sebuah perusahaan baru yang disebut 3Com, dan berhasil meyakinkan Digital Equipment Corporation (DEC), Intel, dan Xerox untuk kooperatif mempromosikan Ethernet sebagai standar. Tahun berikutnya, Standar Asosiasi IEEE (IEEE-SA) membentuk sebuah komite untuk mengembangkan standar jaringan area lokal: 802. Komite Standar IEEE LAN / MAN. Dipimpin oleh Maris Graube, panitia mulai mendefinisikan dan menentukan lapisan fisik dan perangkat lunak yang lebih rendah untuk kabel Ethernet, dan pada 23 Juni 1983 IEEE 802.3 disetujui sebagai standar Ethernet. Melalui kelompok kerja IEEE-SA dan komite, Ethernet terus berkembang, akhirnya tumbuh untuk mencakup kecepatan bandwidth yang lebih tinggi, beragam media fisik, dan varian baru seperti 10GBASE-T.

 Untuk Lebih Jelas mengenai Ethernet bisa dilihat di makalah saya dibawah ini :

Ethernet

Share:

Hal Penting Tentang Ethernet

ETHERNET

Sahabat blogger berbagi itu indah semua, kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal penting tentang Ethernet Berikut ini adalah rangkuman mengenai materi Ethernet.
Topologi Jaringan
Ethernet menggunakan beberapa jenis topologi, antara lain:
-        Topologi fisiknya adalah  bus dengan topologi logicalnya bus 
-        Topologi fisiknya adalah star dengan topologi logicalnya bus
-        Topologi fisiknya adalah star dengan topologi logicalnya star

Prinsip Kerja
Ethernet menggunakan metode yang dikenal dengan Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection (CSMA / CD). Cara atau prinsip kerja  CSMA / CD adalah :
-        Semua perangkat memiliki hak akses yang sama. Ketika sebuah perangkat akan mengirimkan data maka perangkat tersebut akan mandeteksi apakah media transmisi sedang atau tidak digunakan, ini yang dinamakan Carrier Sense.
-     Jika media transmisi sedang digunakan maka perangkat tersebut akan menunggu dengan waktu tunggu berbeda-beda untuk tiap perangkat. Jika media tidak lagi digunakan maka perangkat akan mengirimkan data ke tujuannya. 
-    Jika dua perangkat mengirimkan data di waktu yang bersamaan maka akan terjadi tabrakan atau collosion. Perangkat pengirim kemudian mendeteksi collosion tersebut dan mengirimkan jam sinyal kepada semua perangkat dalam jaringan bahwa telah terjadi tabrakan.  Kedua perangkat yang mengirimkan data secara bersamaan, menunggu beberapa saat dengan waktu tunggu yang diacak agar terjadi perbedaan di antara keduanya. Jika perangkat yang waktu tunggu sudah selesai maka ia bisa mengirimkan kembali data tersebut. 
 Media Transmisi
Media transmisi yang biasa menggunakan prinsip Ethernet adalah (Unshielded twisted-pair cables (UTP) dengan konektor RJ-45), (Fiber optic), (Coaxial, biasanya dikenal sebagai  thinnet atau thicknet networks)

Perangkat Jaringan
Perangkat jaringan yang menggunakan prinsip kerja Ethernet adalah. (NICs dengan Transceiver) (Hub), (Switch), (Router).

Alamat fisik atau Physical Addresses     
Perangkat Ethernet menggunakan MAC address sebagai alamat bagi perangkat tersebut. Alamat MAC address adalah alamat yang ditanam di dalam Network interface card dari perangkat tersebut.

Frame dari Ethernet
Frame adalah unit data yang akan dikirimkan melalui media komunikasi. Ethernet Frame terdiri atas : (preamble), (Alamat tujuan, alamat tujuan adalah MAC address dari komputer atau perangkat yang dituju), (Alamat pengirim, alamat pengirim adalah MAC address dari perangkat pengirim), (Data, data adalah informasi yang dikirim dari satu komputer ke komputer lain). , (Optional bits), (CRC (cyclical redundancy check) merupakan perhitungan matematis yang dilakukuan untuk meyakinkan bahwa isi dari frame yang diterima tidak kurang, rusak atau sesuai dengan kondisi yang sewaktu dikirim oleh pengirim).


Share:

Internet Protocol Versi 4 (IPV4)

Internet Protocol (IP) Address adalah salah satu protokol atau metoda atau mekanisme dalam memberikan alamat terhadap sebuah end device. IP dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). IP Address yang sering digunakan ini menggunakan basis TCP/IP karena lebih sederhana, dan lebih mudah untuk di mengerti. Sedangkan di OSI Layer sendiri memiliki IP Address sendiri, yang tentu saja berbeda dengan TCP/IP. Tetapi di dunia ini yang lebih sering dikenal dan digunakan IP Address TCP/IP (Baca: Sejarah dan Perkembangan Internet).

IP Address sendiri dibagi menjadi 2, yaitu IP Address Private dan IP Address Public. IP Address Private biasanya didaptkan oleh pengguna user rumahan atau sekala kecil. IP Address Private ini didapatkan setelah melakukan Subnetting. IP Address Public biasanya dimiliki dalam skala besar, seperti Hosting, ISP, Data center, dan perusahaan Web. Alamat IP yang dimiliki oleh sebuah host dapat dibagi kedalam dua bagian, yaitu : Network Identifier (NetID), dan Host Identifier (Host ID). Net ID adalah alamat jaringan yang digunakan khusus untuk mengidentifkasi alamat jaringan dimana host berada. Dan HostID adalah alamat host yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat host di dalam jaringan.

Jenis IP Address yang sering digunakan hari ini adalah IPV4. Internet Protocol Versi 4 atau yang sering disingkat dengan IPV4 merupakan jenis penglamatan jaringan yang digunakan di dalam protocol jaringan TCP/IP yang menggunakan protocol IP versi 4 (Wikipedia.com). IPV4 mulai digunkan sejak tahun 1990 dan sampai sekarang, dan hari ini IPV4 sudah mencapai titik jenuh atau kehabisan host karena IPV4 hanya memiliki panjang sebesar 32-bit, dan hanya mampu mengalamai sekitar 4 miliar host computer, atau dalam versi Wikipedia sebesar 4.294.967.296 host diseluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamt IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 dimana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.0.3.
Jenis-jenis Alamat
Alamat IPv4 terbagi menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:
Alamat Unicast,
Merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah Internetwork IP. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one. Alamt unicast menggunakan kelas A, B, dan C, sehingga ruang alamatnya adalah 1.x.y.z  hingga 223.x.y.z. alamat unicast terbagi lagi kedalam beberapa alamt, antara lain :
Alamat Public
Alamat publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNic dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet.
Alamat Ilegal
Intranet-Intranet pribadi yang tidak memiliki kemauan untuk mengoneksikan intranetnya ke Internet dapat memilih alamat apapun yang mereka mau, meskipun menggunakan alamat publik yang telah ditetapkan oleh InterNic. Jika sebuah organisasi selanjutnya memutuskan untuk menghubungkan intranetnya ke Internet, skema alamat yang digunakannya mungkin dapat mengandung alamat-alamat yang mungkin telah ditetapkan oleh InteNIC atau organisasi lainnya. Alamat-alamat tersebut dapat menjadi konflik antara satu dan lainnya, sehingga disebut juga dengan illegal address, yang tidak dapat dihubungi oleh host lainnya.
Alamat Privat
Alamat Broadcast
merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone. Alamat-alamat multicast IPv4 didefinisikan dalam ruang alamat kelas D, yakni 224.0.0.0/4, yang berkisar dari 224.0.0.0 hingga 224.255.255.255. Prefiks alamat 224.0.0.0/24 (dari alamat 224.0.0.0 hingga 224.0.0.255) tidak dapat digunakan karena dicadangkan untuk digunakan oleh lalu lintas multicast dalam subnet lokal.

Alamat Multicast
merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many. Ada empat buah jenis alamat IP Broadcast, yaitu :
Network broadcast
Alamat network broadcast IPv4 adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang menggunakan kelas (classful). Contohnya adalah, dalam NetID 131.107.0.0/16, alamat broadcast-nya adalah 131.107.255.255. Alamat network broadcast digunakan untuk mengirimkan sebuah paket untuk semua host yang terdapat di dalam sebuah jaringan yang berbasis kelas Router tidak dapat meneruskan paket-paket yang ditujukan dengan alamat network broadcast.
Subnet broadcast
Alamat subnet broadcast adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang tidak menggunakan kelas (classless). Sebagai contoh, dalam NetID 131.107.26.0/24, alamat broadcast-nya adalah 131.107.26.255. Alamat subnet broadcast digunakan untuk mengirimkan paket ke semua host dalam sebuah jaringan yang telah dibagi dengan cara subnetting, atau supernetting. Router tidak dapat meneruskan paket-paket yang ditujukan dengan alamat subnet broadcast.
All Subnet directed broadcast
Alamat IP ini adalah alamat broadcast yang dibentuk dengan mengeset semua bit-bit network identifier yang asli yang berbasis kelas menjadi 1 untuk sebuah jaringan dengan alamat tak berkelas (classless). Sebuah paket jaringan yang dialamatkan ke alamat ini akan disampaikan ke semua host dalam semua subnet yang dibentuk dari network identifer yang berbasis kelas yang asli. Contoh untuk alamat ini adalah untuk sebuah network identifier 131.107.26.0/24, alamat all-subnets-directed broadcast untuknya adalah 131.107.255.255. Dengan kata lain, alamat ini adalah alamat jaringan broadcast dari network identifier alamat berbasis kelas yang asli. Dalam contoh di atas, alamat 131.107.26.0/24 yang merupakan alamat kelas B, yang secara default memiliki network identifer 16, maka alamatnya adalah 131.107.255.255.
Limited broadcast
Alamat ini adalah alamat yang dibentuk dengan mengeset semua 32 bit alamat IP versi 4 menjadi1  (11111111111111111111111111111111 atau 255.255.255.255). Alamat ini digunakan ketika sebuah node IP harus melakukan penyampaian data secara one-to-everyone di dalam sebuah jaringan lokal tetapi ia belum mengetahui network identifier-nya. Contoh penggunaanya adalah ketika proses konfigurasi alamat secara otomatis dengan menggunakan Boot Protocol (BOOTP) atau Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Sebagai contoh, dengan DHCP, sebuah klien DHCP harus menggunakan alamat ini untuk semua lalu lintas yang dikirimkan hingga server DHCP memberikan sewaan alamat IP kepadanya.
Kelas-Kelas Alamat
Catatan: Penggunaan kelas alamat IP sekarang tidak relevan lagi, mengingat sekarang alamat IP sudah tidak menggunakan kelas alamat lagi. Pengemban otoritas Internet telah melihat dengan jelas bahwa alamat yang dibagi ke dalam kelas-kelas seperti di atas sudah tidak mencukupi kebutuhan yang ada saat ini, di saat penggunaan Internet yang semakin meluas. Alamat IPv6 yang baru sekarang tidak menggunakan kelas-kelas seperti alamat IPv4. Alamat yang dibuat tanpa memedulikan kelas disebut juga dengan classless address.



Share:

Cara Membuat Team pada VMWare 7

Pernah mendengar istilah OS (Operating Sistem) didalam OS(Operating Sistem) ? saya rasa mahasiswa ataupun siswa yang mempunyai bidang atau jurusan Komputer sudah sering mendengar istilah tersebut. Apa itu OS di dalam OS ?
OS di dalam OS maksudnya adalah adanya sistem operasi yang berjalan diatas sistem operasi computer milik kita. Dengan kata lain ada sebuah media yang menjembatani antara OS di dalam laptop dengan OS yang ada di dalam laptop. Media yang menjembataninya tersebut disebut dengan virtual Machine. Apa itu Virtual Machine ?
Merupakan sebuah Software pada komputer dimana Anda bisa membuat sebuah sistem operasi berjalan di atas sistem operasi lainnya. Untuk menjalankan software tersebut, Anda bisa menggunakannya dengan installer disc ataupun berupa USB Installer. Seperti halnya sistem operasi biasanya, Anda akan menemukan fungsi sama dengan sistem operasi Anda. Misalkan saja harddisk penyimpanan, jaringan ataupun sound. Meskipun banyak persamaan, tetap saja banyak kekurangan yang akan Anda temui misalkan proses yang mengambil banyak resource, serta minimnya proses untuk melakukan aktifitas yang berat. (dikutip dari : bisakomputer.com)
Software virtual machine ini sangat banyak, diantaranya yang paling terkenal adalah virtual BOX dan juga VMWare. Virtual Box memiliki kelebihan di penggunaan memori, virtual box lebih ringan disbanding VMWare akan tetapi Interface VMware lebih bagus ketimbang virtual Box, sehingga user yang baru menggunakan software ini bisa lebih cepat mengerti.
Sedikit cerita tentang VMWare yang saya kutip dari lama winpoin.com VMWare adalah software virtualsisasi yang bisa pembaca gunakan unruk mebuat virtual machine. sebenarnya nama VMWare diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc. nah untuk langkah instalasi VMware cukup mudah karena hanya menekan tombol next saja. Dan sedikit pengaturan untuk pengalokasian memori. Nah yang akan saya bahas disini adalah untuk membuat Team pada Vmware. Team didalam VMWare berfungsi untuk menggabungkan banyak computer dengan sistem operasi berbeda. Sehingga mempermudah kita untuk melakukan uji coba jaringan sebelum terjun langsung ke computer yang asli. Sehingga kita bisa mengatur ataupun memikirkan konfigurasi seperti apa yang hendak kita lakukan, pengalokasian IP yang bagaimana, Bandwithnya berapa. Dan sebagainya. Nah untuk langkah-langkah pembuat Team bisa dilihat pada langkah-langkah dibawah ini 
 Buka VMWare,
- Buat sebuah team baru dengan mengklik shortcut new team (seperti tampak pada gambar diatas atau
  melalui File-New-Team. Akan Nampak seperti dibawah ini : lalu klik Next
- Selanjutnya akan muncul pengaturan nama team, serta lokasi tempat menyimpan Team
- Kemudian pilih Existing Virtual machine untuk menambahkan OS yang sudah terinstal pada
  VMWare untuk praktek ini kita akan menjadikan debian sebagai server dan windows xp sebagai
  client
- Selanjutnya masukkan OS yang sudah terinstal
- Klik Add untu menambah LAN Segment
- Kemudian LAN 1 sebagai Bridge, LAN 2 sebagai LAN 1 dan Windows Xp(Client) LAN 1
- Klik Ok dan Finish. Kemudian nyalakan team nya
- Untuk lebih jelas silahkan lihat pada slide dibawah ini
Cara Membuat Team pada VMWare 7
Share:

Recent Posts

Sponsorship