15 KALIMAT INSPIRASI DALAMI FILM 3 IDIOT




Siapa yang tidak tahu dengan film yang satu ini, film yang berjudul 3 idiot ini sangat menyentuh hati para pelajar, mahasiswa, guru orang tua dan tentu saja institusi-institusi pendidikan yang ada di seluruh dunia. Kenapa tidak dalam film ini dikisahkan berbagai macam tipe orang yang terdapat di dalam sebuah institusi pendidikan serta memberikan gambaran bagaimana orang tua dalam mengatur pendidikan anak-anaknya. Bukan tidak bagus menerapkan kurikulum, akan tetapi aturan atau kurikulum sekolah harus fleksibel juga dengan kondisi murid dan kondisi zaman, bisa jadi aturan A cocok di zaman A, dan belum tentu Aturan A cocok di zaman B.
Film yang diperankan oleh Amir khan (Ranchodas), kemudian R.Madhavan (Farhan) dan Sharman (Raju) ini mengisahkan kisah persahabatan tiga mahasiswa ICE (sekolah untuk calon Enginer). Ranchodas adalah mahasiswa pintar yang sangat tertarik dalam bidang Enginering,  serta raju dan farhan adalah mahasiswa yang terpakasa masuk skolah Enginer karena keinginan orang tua mereka, sementara passion mereka berada di bidang lain.

BACA JUGA : MOTIVASI DARI LAKON ANIME

Film yang diangkatkan dari novel Five Point Someone yang ditulis oleh Chetan Bhagat dan di sutradarai Rajkumar Hirani ini memeliki pesan yang beitu banyak dan begitu mendalam bagi para mahasiswa, guru, orang tua, serta institusi pendidikan. Pesan yang bisa diambil dari film ini diantaranya adalah :
1.      Jadilah Mahasiswa Kreatif. (Hal ini bisa diliat ketika ranchodas menginjakkan kaki pertama kali di kampus, beliau langsung memberikan pelajaran kepada seniornya yang suka melakukan perpeloncoan dengan cara menerapkan ilmu fisika basic)
2.      Berorientasilah pada pemahaman bukan pada penghafalan
3.      All Iz Well (Semua akan baik-baik saja=Seberapa besarpun masalah, yakinkan hatimu bahwa semua pasti baik baik saja, dgn begitu hatimu bisa tenang)
4.       Yang merencanakan masa depan adalah kita bukan Dr.Virus, Hasilnya yang diatas yang menentukan (Dr.Virus menganggap bahwa mahasiswa yang lolos wawancara kerja saja yang akan sukses)
5.       Hidup ini seperti perlombaan, kalau kalian tidak cepat, kalian akan kalah
6.      Mudahkanlah urusan orang lain, maka allah akan memudakan urusan kita (Pesan ini disampaikan oleh mahasiswa akhir yang bunuh diri gara-gara Dr. Virus menggagalkan ujian komprehensifnya)
7.      Give me some sunshine. Give me some rain. Give me another chance. I wanna grow up once again (Nah, ini lirik lagu yang ada pada soundtrack film 3 Idiot)
8.      Jangan belajar utk menjadi kaya. Tapi belajarlah menjadi ahli, jangan belajar untuk menghafal tapi belajarlah untuk memahami
9.      Sahabat adalah orang yang ketika melihat kita tidak lulus membuat hatinya bersedih. Tapi lebih menyedihkan jika dia jadi yg terbaik. 
   10.  Ikuti Passion mu, bekerjalah sesuai hobimu maka itu akan menyenangkan (Jika nanti aku menjadi photografer, kemudian gajiku sedikit, rumahku kecil, mobilku kecil, namun aku akan behagia ayah. aku benar-benar bahagia. semua yang kulakukan untuk ayah, aku akan melakukannya benar-benar dari hatiku)
11.  Menghabiskan 4 tahun untuk menghafal tanpa memahami sama halnya dengan  40 tahun utk menyesali
12.  Orang yang belajar demi sebuah pengetahuan adalah orang yang luar biasa daripada orang yang belajar untuk mengejar nilai dan ijazah.
13.  Ketika menjadi siswa atau mahasiswa, buatlah challenge dengan teman mu “ Sepuluh tahun lagi kita akan ke tempat ini lagi kita liat siapa yang akan sukses” (Motivasi)
14.  Persahabatan adalah hal terbesar dalam kehidupan manusia dan bisa membawa kita masuk ke surge
15.  Dan yang terakhir jika akan lulus, harus atas kemampuan sendiri! Jika tidak, tak masalah jika gagal"  (Ada yang berani menerapkannya saat ujian ? jika ada seilahkan berikan komentar pada kolom komentar dibawah)

Semoga Bermanfaat, J Wassalam

Share:

1 comment:

  1. thank you atas quote quotenya, belom pernah nonton film ini tapi terlihat bagus, jangan lupa mampir ke blog tentang biaya pendidikan anak terima kasih banyak

    ReplyDelete

Recent Posts

Sponsorship