Makalah Indra Penciuman dan Pengecapan

Indra penciuman pada manusia adalah hidung.Hidung adalah alat indra yang dapat kita gunakan dalam mengenali berbagai bau yang ada di lingkungan sekitar. Pada manusia indra pengecapan hanya terdapat pada lidah.Lidah merupakan suatu rawan (cartilago) yang akarnya tertanam pada bagian posterior rongga mulut (cavum oris) dekat dengan katub epiglotis yang menuju ke laring.Kajian anatomi fisiologi indra penciuman dan pengecap dipelajari untuk mengenal keadaan pada tubuh manusia beserta dengan fungsi-fungsinya.
Indra penciuman pada manusia adalah hidung.Hidung adalah alat indra yang dapat kita gunakan dalam mengenali berbagai bau yang ada di lingkungan sekitar.Misalnya untuk membaui makanan,aroma bunga,buah dan lain-lain.Indra penciuman sangat erat hubungannya dengan indra pengecapan,bahkan disebut sebagai pengecap jarak jauh.reseptor penciuman terletak pada selaput lendir hidung bagian atas(concha superior).daerah ini mempunyai luas kerang lebih 2cm yang berwarna kuning –kuning yang disebut area olfaktoria.daereh ini lah yang selalu berlendir karna adanya secresi dari pada kelenjar Bowmann.Di dalam indra penciuman terdapat beberapa sel (a) Sel penyokong yang berupa sel epitel. (b) Sel pembau ( Olfacturi ) yang berupa sel saraf reseptor.
Sel-sel olfaktori memiliki tonjolan ujung dendrit berupa rambut yang terletak pada selaput lendir hidung, sedangkan ujung yang lain berupa tonjolan akson membentuk berkas yang disebut saraf otak I (nervus olfaktori). Saraf ini akan menembus tulang tapis dan masuk ke dalam otak manusia.
Manusia dapat membedakan berbagai macam bau bukan karena memiliki banyak reseptor pembau namun kemampuan tersebut ditentukan oleh prinsip-prinsip komposisi (component principle), organ pembau hanya memiliki tujuh reseptor namun dapat membedakan lebih dari 600 aroma yang berbeda. Alat pembau biasa juga disebut dengan organon olfaktus, yang dapat menerima stimulus benda-benda kimia sehingga reseptornya disebut pula chemoreceptor.


Pada hakekatnya,lidah mempunyai hubungan yang sangat erat dengan khusus mengecap.lidah sebagian besar terdiri dari dua kelompok otot .otot intrinsik lidah melakukan semua gerakan halus,sementara otot extrinsic mengaitkan lidah pada bagian-bagian sekitarnya.lidah terletak pada awal mulut,Pada manusia indra pengecapan hanya terdapat pada lidah.Lidah merupakan suatu rawan (cartilago) yang akarnya tertanam pada bagian posterior rongga mulut (cavum oris) dekat dengan katub epiglotis yang menuju ke laring. Lidah merupakan bagian penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor yang berfunsi menangkap rangsangan kimia yang larut pada air dan juga merasakan respon rasa asin, asam, pahit, dan rasa manis.  Zat perangsangnya adalah zat kimia yang larut dalam air atau reseptornya adalah ludah dan langit-langit mulut. Pada permukaan lidah, reseptornya berupa tonjolan-tonjolan kecil yang dinamakan: (1) Papila feliforumis : Papilla feliforumis Adalah permukaan kasar berupa tonjolan yang berbentuk seperti benang halus dan berada pada 2/3 bagaian lidah. Papila feliformis berfungsi untuk menerima rasa sentuh dari pada rasa pengecapan yang sebenarnya.papila feliformis merupakan papila terkecil dan paling banyak dan menyabar pada seluruh permukaan lidah. (2)Papila fungitormis: Papilla fungitoris Adalah permukaan kasar berupa tonjolan yang menyebar pada sisi dan ujung lidah dan berbentuk seperti  jamur.papila fungitormis berfungsi untuk pengecapan karena berisi kuncup-kuncup pengecap. (3) Papila circumpalata: Adalah permukaan kasar berupa tonjolan berbentuk bulat dan tersusun seperti huruf v pada lidah. Papila ini berfungsi untuk pengecapan, karena barisi kuncup pengecap. Papila ini terletak di bagian belakang (dasar) lidah. Papila ini merupakan yang paling besar di bandingkan papila lainnya dengan ukuran 2-4 mm. Reseptor indra pengecap juga berbentuk piala pengecapan yang di sebut” Gemma Sustantorea”.
Untuk makalah lengkapnya silahkan download disini : DOWNLOAD
Jangan lupa komentarnya dibawah :)
JIKA BERMANFAAT, MOHON KLIK IKLANNYA, HEHE :)

Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Sponsorship